Bahan-Bahan Kimia yang Berbahaya Untuk Kecantikan

Bahan-Bahan Kimia yang Berbahaya Untuk Kecantikan

Bahan-Bahan Kimia yang Berbahaya Untuk Kecantikan

Bahan-Bahan Kimia yang Berbahaya Untuk Kecantikan

Bahan-Bahan Kimia yang Berbahaya Untuk Kecantikan – Seperti yang kita ketahui, hampir seluruh produk kecantikan dengan berbagai merk populer pasti mengandung bahan-bahan kimia.

Namun biasanya bahan-bahan kimia yang terdapat di dalam kosmetik dengan merk terkenal tidaklah berbahaya karena sudah melalui uji laboratrium seperti animal testing atau dermatology testing sehingga mungkin tidak akan terlalu berbahaya bagi Anda terlebih jika terdapat izin BPOM. Walaupun para produsen telah mengklaim bahwa produk mereka aman tetapi tetap saja sebagai orang yang memiliki kulit sensitif, Anda patut berhati-hati sebelum membeli produk kecantikan dan jangan mudah terkelabuhi promo harga.

baca juga : Monyet yang kecanduan dan Bahaya Rokok Bagi Kesehatan

Bahan-Bahan Kimia yang Berbahaya Untuk Kecantikan

Apabila Anda merasa memiliki kulit sensitif dan didalam kosmetik yang Anda gunakan pada saat ini ada kandungan bahan-bahan kimia berikut ini maka sebaiknya hentikan penggunaan produk dan beralihlah pada produk lain yang tidak mengandung bahan-bahan tersebut.

Baca juga : Ketika Motivatorpun Perlu Cara Mengobati Kolesterol Tinggi

Berikut dibawah ini adalah bahan-bahan kimia yang berbahaya untuk kecantikan, yang mana tidak cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif :

  1. Pengawet

Para produsen yang nakal biasanya akan menambahkan pengawet kedalam produk kecantikan yang mereka produksi, hal ini bertujuan agar kosmetik atau produk kecantikan tersebut bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Hal ini sebetulnya wajar-wajar saja, terlebih untuk produk make up berbahan dasar buah-buahan maka dari itu sebelum Anda membeli kosmetik maka perhatikan terlebih dahulu komposisi atau bahan-bahan pembuatan kosmetik tersebut. Coba lihat, apakah di produk tersebut tertera mengandung methylisothizolinone ?. Jika iya maka sebaiknya urungkan niat Anda untuk membelinya karena itu tandanya kosmetik tersebut mengandung bahan berpengawet yang tidak baik untuk kulit. Kandungan methylisothizolinone dapat membuat kulit Anda sensitif dan menipis.

  1. Pewarna

Didalam beberapa kosmetik seperti eyeshadow, lipstik, maskara dan eyeliner biasanya mengandung pewarna. Namun satu hal yang harus Anda ingat, pewarna didalam kosmetik ini ada dua macam yaitu pewarna yang aman untuk kulit wajah dan pewarna yang tidak.

Biasanya pewarna yang tidak aman berada pada kosmetik murahan yang belum cukup terkenal. Para produsen kosmetik murahan hanya mengejar keuntungan tanpa memperhatikan efek samping yang diakibatkan oleh kosmetik yang mereka produksi. Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan maka sebaiknya belilah produk kecantikan atau kosmetik yang telah memiliki nama atau dikenal banyak orang. Biasanya kosmetik yang terkenal memiliki harga agak sedikit mahal tetapi tentunya aman.

  1. Parfum

Semua orang pasti sangat suka dengan aroma parfum yang wangi pada kosmetik. Dengan adanya wewangian maka akan membuat kita menjadi lebih nyaman ketika menggunakan kosmetik tersebut. Meskipun parfum yang ada didalam kosmetik atau produk kecantikan wajah membuat daya tarik  tetapi tahukah Anda bahwa ternyata bahan parfum yang terdapat didalam kosmetik sangat tidak baik untuk kulit sensitif Anda. Kandungan alkohol pada parfum yang terdapat pada make up Anda bisa menimbulkan reaksi alergi pada kulit wajah Anda.

Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif maka sebaiknya pilihlah produk kecantikan atau kosmetik yang benar-benar bebas dari wewangian atau parfum. Hindari penggunaan produk yang di dalamnya mengandung wewangian agar kulit wajah anda tetap sehat dan bebas alergi.

  1. Phtalates

Kemudian ada satu lagi bahan kimia yang sangat tidak baik untuk Anda yang memiliki kulit wajah sensitif, bahan kimia tersebut adalah phtalates. Apabila Anda nekat menggunakan kosmetik atau menggunakan skincare yang mengandung phtalates maka jangan menyesal apabila nanti wajah Anda akan mengalami reaksi alergi seperti bruntusan, iritasi kulit atau demam.

Nah, itu dia ke bahan-bahan kimia yang berbahaya untuk kecantikan. Jadi sebaiknya teliti sebelum membeli ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *