7 Solusi Atasi Gejolak Psikologis saat Menopouse

7 Solusi Atasi Gejolak Psikologis Menopouse

Gejala-Menopause-pada-Wanita-Ciri-ciri-Menopause-pada-Wanita-dan-Tanda-tanda-Menopause-pada-Wanita.
Menopouse tidak perlu dihadapi dengan stres tapi hadapi dengan rasa bahagiakelola Tingkat Stres Anda

Masa Menopouse adalah masa alami yang aan dihadapi oleh setiap wanita menjelang usia 40 sampai 50 tahun   yang ditandai dengan barbagai gejala menopose antara lain rasa panas berlebihan, gangguan mood, jadwal menstruasi tidak teratur , menurunnya libido seksual, kekeringan pada vagina. Perubahan Mood terjadi seharusnya bisa diatasi dengan solusi aman dan alami baik dengan herbal / obat menopouse dini Beutskin essence maupun dengan herbal SNE kapsul dan Tasly Miss Be Propolis Soft Gel Kapsul bisa menjadi pilihan yang telap untuk  mengurangi keluhan yang terjadi sebelum dan saat menopouse.

Untuk Mengatasi Permasalah Psikologis yang kerapkali dialami saat menjelang dan masa menopouse, Berikut ini akan kami uraikan 7 Solusi Atasi Gejolak Psikologis saat Menopouse.

1.Kelola Stress Anda Sebaik Mungkin

Stress dan kecemasan selama dan setelah menopause dapat meningkatkan serangan panas (flushing), insomnia, depresi dan gejala-gejala lain. Ini mungkin karena gejala-gejala tersebut mengganggu kemampuan kelenjar adrenal untuk memproduksi adrostenedion.

Mengelola tingkat stress akan membantu anda mengontrol gejala-gejala menopause dan mengurangi risiko menderita salah satu kondisi yang membahayakan jiwa terkait pasca menopause tersebut.

baca artikel kami lebih lengkap mengenai menopouse

Apakah stress ity?

Stress adalah cara pikiran dan tubuh merespons situasi dan tekanan yang meninggalkan perasaan tidak mampu atau tidak bisa untuk mengatasi. Seseorang mungkin mengatasinya dengan baik situasi tertentu yang bagi orang lain membuat stress. Semua itu bergantung pada persepsi individual tentang hal tersebut dan kemampuan mereka menghadapinya.

Otak bereaksi terhadap stress dengan memperlengkapi tubuh untuk tetap tinggal dan menghadapi ancaman yang dirasakan, atau melarikan diri (melawan atau lari). Caranya dengan melepaskan hormone termasuk adrenalin, noradrenaline dan kortisol kedalam peredaran darah. Ini menyebabkan detek jantung dan pola perbapasan menjadi cepat dan dapat menyebabkan keluarnya keringat. Tingkat glukosa dan asam lemak dalam darah naik yang memberikan kita energy untuk menghadapi ancaman.

Menopouse tidak perlu dihadapi dengan stres tapi hadapi dengan rasa bahagia
Menopouse tidak perlu dihadapi dengan stres tapi hadapi dengan rasa bahagia

Stress dan kesehatan Anda

Penelitian menujukkan bahwa seiring berjalannya waktu efek kimia dari stress dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner (CHD), stroke, kanker, obesitasm diabetes, depresi bahkan hilangnya memori dan masalah kesuburan. Jika penyebab stress tidak dihilangkan atau dikelola, tingkat kortisol akan tetapa tinggi. Tubuh menyesuaikan dengan keadaan darurat konstan ini dengan pengumpulan energy yang tinggi, makanan bergula, dan makanan berlemak dan menyimpan lemak disekitar pinggang yang menyediakan sumber energy yang mudah diubah. Ini adalah tempat yang paling berisiko untuk menyimpan lemak karena meningkatkan risiko CHD, stroke dan diabetes, terutama setelah menopause ketika penurunan estrogen meningkatkan risiko ganguan jantung dan pembuluh darah .

Kecemasan adalah bagian dari reaksi ‘melawan atau lari’ terhadap stress. Meskipun ini adalah reaksi normal terhadap situasi stress, namun bisa menjadi masalah ketika hal ini menjadi pola piker yang normal. Hal ini dapat menyebabkan ketidakmampuan untuk bersantai, serangan panic, masalah debaran jantung dan pernapasan.

Kenali dan hindari penyebab stress

Selama satu atau minggu, catat situasi, waktu, tempat dan orang-orang yang menyebabkan anda merasa setres. Setelah anda mengidentifikasi penyebab setres, kenali cara menghindarinya setidaknya meminimalisasinya. ‘Tidak’ adalah sebuah kata mudah yang dapat mengurangi tingkat stress anda secara drastic. Katakana ‘tidak’ untuk hal-hal yang tidak diinginkan atau anda tidak punya waktu untuk melakukannya.

  1. Meditasi

Praktikkan meditasi. Ini adalah teknik sederhana ynag jika dilakukan rutin telah terbukti dapat menurunkan tingkat hormone stress, menghilangkan kecemasan, memerangi kelelahan, meningkatkan energy dan membersihkan pikiran. Disini ada meditasi sederhana: duduk dengan nyaman dan tutup mata anda. Bernapaslah dari hidung anda pelan-pelan dan dalam-dalam, kempiskan perut anda. Pilih sebuah kata yang memberikan ketenangan bagi anda, misalnya ‘tenang’, ‘damai;, ‘harmonis’, atau ‘santai’. Ulangi kata tersebut berulang-ulang dalam pikiran anda sambil membayangkan tempat atau objek yang membawa ketenangan dalam diri anda. Sebagai contoh sungai yang mengalir atau lilin yang berkelap kelip. Libatkan rasa dalam diri anda lainny seperti membayangkan suara air mengalir, merasakan kehangatan lilin. Setiap saat pikiran anda mengembara, akui hal itu lalu fokuskan kemabali kepada gambar dan kata yang anda pilih. Untuk mempelajari lebih banyak tentang teknik meditasi .

  1. Menertawakan

Tawa benar-benar obat terbaik! Tampaknya tertawa yang baik dapat mengurangi hormone stress kortisol dan meningkatkan tingkat serotonin yang meningkatkan suasana hati. Penelitian terakhir menunjukkan wanita yang mendapatkan manfaat lebih daripada pria. Wanita yang melihat sisi lucu darikehidupan menikmati risiko yang menurun dari masalah kesehatan yang berkaitan dengan hormone stress kortisol termasuk tekanan darah tinggi, kegemukan, penyakit jantung bahkan kanker. Tertawa juga mengendurkan otot-otot di tubuh bagian atas dan memperbaiki pasokan darah ke organ-organ seperti lever, limpa, pancreas, ginjal, dan kelenjer adrenalin. Jadi sempatkan melihat komedi kesukaan anda dan bergabung bersama orang-orang yang membuat anda tertawa.

  1. Berlatih Kesadaran

Kesadaran meliputi focus kepada masa kini bukannya mencemaskan masa lalu atau masa depan dan ini berakar dari Baddhisme. Hal ini berdasarkan filosofi bahwa kita tidak dapat mengubah masa lalu, atau memprediksi masa depan. Tetapi kita dapat memengaruhi apa yang terjadi saat ini dapat anda lakukan segenap kemampuan anda, sedangkan mencemaskan masa lalu dan masa depan dapat menghambat pekerjaan anda dan meningkatkan tingkat stress yang tidak perlu. Menulis catatan harian mungkin dapat membantu anda lebih focus pada masa kini.

  1. Berhubungan Kembali dengan Alam

Aktivitas seperti mengandung laut, berjalan jalan di taman atau pedesaan, atau bahkan hanya duduk. Di taman telah terbukti mengurangi denyut jantung, tekanan darah, dan ketegangan otot. Para ahli percaya bahwa tingkat ion negative yang lebih tinggi dekat daerah air mengalir, pepohonan dan pegunungan mungkin ikut bertanggung jawab. Para ahli lainnya menyatakan hal itu disebabkan oleh ‘biophilia’, yaitu teori bahwa laki-laki memiliki ketrtarikan alami dengan alam. Studi di Belanda dan Jepang menunjukkan bahwa orang yang hidup dekat area hijau menikmati hidup lebih panjang dan kesehatan yang lebih baik daripada orang yang tinggal di lingkungan perkotaan.

Berpelukan

Memeluk secara rutin telah terbukti dapat mengurangi hormone setres dalam peredaran darah dan menurunkan tekanan darah.

  1. usir Stres

Berjalan-jalan dapat membantu anda mengalahkan setres dan mencegah depresi dan kecemasan. Studi delapan tahun terakhir di Amerika menemukan bahwa wanita yang sudah menopause yang berjalan kaki lima kali seminggu selama sedikitnya 40 menit lebih sedikit menderita setres, kecemasan dan depresi daripada wanita yang hamper tidak aktif. Diperkirakan berjalan kaki mendorong otak melepaskan ‘hormon merasa baik-baik’ atau endorphin. Untuk informasi lebih banyak tentang bagaimana berjalan kaki secara rutin dapat membantu mencegah bermacam-macam gejala menopause dapat dilihat di Bab 5- ‘Petunjuk lebih lanjut untuk mendapatkan masa nenopause yang lebih sehat’.

  1. Tegaskan Diri

Jika anda mendapati diri anda mengalah kepada orang lain dan tidak mengekspresikan perasaan anda untuk menghindari menyakiti atau membuat orang lain sedih, atau agar dapat diterima mereka, atau jika anda terus menerus membiarakan diri dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal yang tidak ingin anda lakukan, mungkin anda perlu lebih tegas. Menjadi tegas berarti anda dapat mengatakan apa yang anda inginkan, rasakan dan butuhkan dengan tenang dan percaya diri tanpa menjadi sgresif atau menyakiti orang lain. Cobalah mengikuti teknik untuk mengembangkan keterampilan ketegasan diri sehingga anda mengambil kendali atas kehidupan anda sendiri dan melakukan hal-hal yang memang ingin dilakukan bukannya hanya untuk memenuhi tuntutan orang lain.

  • Tunjukkan pikiran, perasaan, dan perilaku diri anda dengan menggunakan kata ‘saya’ bukan ‘kita’, ‘anda’ atau ‘ini’. Jadi katakana ‘saya merasa marah ketika anda…’ bukan ‘anda membuat saya marah’.
  • Ketika anda tidak memilih untuk tidak melakukan sesuatu itu, katakana ‘tidak ingin’ bukan ‘tidak dapat’ untuk menunjukkan anda telah melakukan  keputusan secara aktif.
  • Gunakan ‘memilih’ bukan ‘harus’, dan ‘bisa’ bukan ‘seharusnya’ untuk menunjukkan anda selalu mempunyai pilihan.
  • Ketika anda merasa kebutuhan anda tidak di dengar, katakana apa yang anda inginkan dengan tenang, ulangi sampai orang lain menunjukkan mereka mengerti apa yang anda katakana.
  • Ketika meminta katakana dengan tepat apa yang anda inginkan dengan cara yang tenang, jelas dan langsung. Anda bisa mulai dengan ‘saya ingin…’, ‘saya mau….’, atau ‘ saya akan sangat menghargai…’
  • Ketika menolak sebuah permintaan, katakana dengan tegas tapi tenang, berikan alasannya tanpa meminta maaf. Ulangi jika diperlukan.
  • Ketika anda tidak setuju dengan seseorang, katakana dengan menggunakan kata ‘saya’. Jelaskan mengapa anda tidak setuju sambil menerima hak orang lain untuk mempunyai sudut pandang yang berbeda.
  1. Gunakan Otak Anda

Sebuah survey terhadap 500 wanita yang telah menopause di tahun 2003 mengungkapkan bahwa tujuh dari sepuluh wanita mengeluh konsentrasi dan memiliki memori yang buruk. Turunnya tingkat estrogen, pola tidur yang buruk dan rendahnya semangat, semuanya bisa berkontribusi.

Bagaimanapun menurut banyak psikolog, menurunnya fungsi otak saat kita bertambah usia tidak dapat dihindari makan gunakan atau akan kehilangannya. Lebih banyak anda menggunakan otak-otak anda, lebih baik fungsinya. Darah yang mengalir meningkat dan neuron (sel otak yang meneruskan pesan) membuat koneksi yang lebih baik dengan neuron lain. Kurangnya penggunaan otak menyebabkan melemahnya kinerja di area otak yang berbeda-beda termasuk yang berkaitan dengan memori.

Baca artikel Kami : Beutskin Herbal Alami Ampuh Atasi Keluhan Hot Flush Menjelang Menopouse

Olah Otak

Atasi masalah memori dan konsentrasi yang berkaitan dengan menopause melalui latihan pikiran setiap hari. Memainkan puzzle seperti crossword dan Sudoku, bermain scrabble, atau belajar sesuatu yang baru (misalnya bahasa asing) merangsang dan menantang pikiran, mempertajam konsentrasi dan membantu menyimpan memori, menulis buku harian melibatkan memori anda ketika memikirkan kembali kejadian-kejadian pada hari tersebut. Membaca menggunakan kedua belah siis otak. Untuk menambah kekuatan mengingat kembali, cari kata-kata yang anda tahu artinya, lalu memutuskan untuk menggunakannya. Mempelajari puisi dengan sepenuh hati setiap minggu terbukti telah mmepertajam memori jangka pendek dan jangka panjang. Memainkan alat music juga bisa memperkuat fungsi mental.

Aktivitas fisik juga memperbaiki fungsi otak. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang-orang yang lebih tua melakukan olahraga secara rutin meningkatkan aliran darah ke otak. Merangsang pertumbuhan sel dan melindunginya dari dementia. Menjadi aktif juga mengurangi risiko tekanan darah tinggi yang dikaitkan dengan menurunkan aliran darah ke otak dan kemunduran mental. Untuk ide yang lebih banyak tentang cara yang meningkatkan aktivitas fisik anda

Untuk mendapatkan produk  multivitamin yang baik guna menunjang masa menjelang menopouse silahkan kunjungi artikel kami dengan judul Fakta Mengenai SNE yang belum Anda ketahui.

garansi-produk-kami-aslu-dari-muara-farma-com

7 Solusi Atasi Gejolak Menopouse

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *