jamu-kencing-manis

10 Terapi Herbal Untuk Penderita Diabetes

10 Terapi Herbal Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Pada Penderita Kencing Manis 

jamu-kencing-manis
terapi herbal untuk menstabilkan kelebihan kadar gula dalam darah pada penderita kencing manis

Terapi herbal merupakan metode penyembuhan atau pengendalian penyakit dengan memanfaatkan tanaman atau tumbuhan yang memiliki khasiat tertentu. Penyembuhan dengan terapi herbal bersifat alternative, apabila penderita diabetes tidak kunjung sembuh dengan cara medis. Namun, saat ini tidak sedikit diabetes yang menggunakan metode herbal sebagai cara obati kencing manis sebagai  penyembuhan utama. Bahkan, terapi herbal sudah menjadi tren di kalangan diabetes, bahkan terapi herbal ini sudah teruji ampuh menyembuhkan kencing manis  dan mencegah terjadinya komplikasi kencing manis yang sangat membahayakan .

diabetes-melitus-menyebabkan-komplikasi-penyakit-jantung-ginjal-pembuluh-darah-otak-syaraf-dan-mata
Bahaya Kencing manis jika tidak dikelola dengan baik akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan (jantung koroner, darah tinggi, disfungsi ereksi, luka gangren, kerusakan retina mata dan kegagalan ginjal)

Terapi herbal adalah salah satu solusi paling tepat bagi Anda yang menderita kencing manis .Semakin banyak pasien diabetes yang melakukan pengobatan dengan terapi herbal karena dinilai lebih aman dan minim efek samping.
Sebgaian besar diabetes memilih penyembuhan dengan terapi herbal dibandingkan dengan terapi medis yang harus mengonsumsi obat-obatan berbahan kimia. Alasannya, penyembuhan dengan obat-obatan herbal lebih aman dan tidak mendatangkan efek samping yang merugikan, karena terbuat dari bahan alami. Namun, ada juga sebagian diabetes yang meninggalkna cara ini dengan alasan tidak cocok. Padahal, mekanisme penyembuhan dari ramuan herbal ini memang membutuhkan waktu yang lama, tidak bereaksi cepat seperti obat-obatan kimia. Dengan kata lain, pengguna terapi herbal harus bersabar untuk mencapai hasil yang maksimal.

Baca artikel Kami Lainnya : Tasly Chol Balance Ampuh Atasi Kolesterol Alami

Obat-obatan herbal terbuat dari tanaman atau tumbuhan yang memiliki khasiat tertentu yang dapat menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki jaringan tubh yang rusak. Ramuan herbal ini dapat terbuat dari satu jenis tanamana atau campuran dari beberapa tanaman obat. Penyembuhan dengan terapi herbal akan lebih maksimal jika dipadukan dengan pola makan dan olahraga yang teratur.

Kunci keberhasilan terapi herbal yakni dengan melakukan pencernaan yang baik anatara penderita dengan dokter herbal atau herbalis yang menanganinya. Mulai dari jenis ramuan yang digunakan, proses pengawasan, dan konsultasi secara rutin dengan dokter. Terapi herbal dapat pula dipadukan terapi medis menggunakan obat-obatan kimia.
Penggunaan herbal justru bersinergi dan memiliki fungsi membangun kembali jaringan-jaringan yang rusak akibat dari penyakit diabetes atau factor ketidakcocokan obat medis dengan organ yang lain. Namun, penggunannya harus diperhatikana dan tetap dikonsultasikan dengan dokter. Biasanya obat herbal dikonsumsi dalam rentang w2-3 jam setelah mengonsumsi obat kimia.

Secrara umum, terapi herbal ini lebih cocok untuk penderita diabetes tipe 2. Pasalnya, penyembuhan atau pengendalian penyakit diabetes tipe 1 hanya dapat dilakukan dengan memberikan suntikan insulin kepada penderitanya. Karena itu, di dalam buku ini akan dibahas lebih lanjut mengenai jenis-jenis tanaman yang dapat dijadikan ramuan herbal sekaligus dengan cara pembuatannya yang mampu membantu mengendalikan penyakit diabetes tipe 2.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Penyembuhan dengan Metode Herbal

1. Bagi penderita diabetes yang masih mengonsumsi OHO, jangna langsung dihentikan. Alasannya, apabila penggunaan OHO dihentikan secar mendadak dan langsung dihganti dengan terapi herbal murni akan meningkatkan gula darah secara tajam. Karena itu, di awal pengobatan sebaiknya diabetes tetap mengonsumsi OHO dan dikombinasikan dengan obat-obatna herbal.

2. Sangat dianjurkan bagi seorang diabetes untuk memeriksa gula darah secar rutin agar mengetahui respon tubuh dalam menerima ramuan herbal dan melepaskan ketergantungan OHO dan insulin secara perlahan-lahan. Jika tubuh penderita sudah benar-benar terlepas dari ketergantungan OHO dan insulin, maka terapi herbal secara murni sudah bisa di terapkan. Namun, secara perlahan dosis atau takaran dari obat herbal harus dikurangi, agar pasien tidak tergantung sama sekali dengan ramuan herbal tersebut. Setidaknya, ramuan herbal dapat diminum sebagai pengganti minum the. Meskipun terapi herbal sudah dilakukan dan kondisi tubuh terasa membaik, para diabetes harus tetap memeriksakn kadar gula darah secara rutin.

3. Penderita diabetes sebaiknya membuat perencanaan menu makan yang baik dan jadwal dan berolahraga secara teratur. Hal ini dilakukan agar proses penyembuhan dapat berjalan dengan lancar.

Terapi Fisik Pada Penderita Kencing Manis

Secara sederhana, tetapi fisik dapat diartikan sebagai upaya menggerakkan anggota tubuh dengan tujuan melemaskan otot yang tegang memperlancar aliran darah. Terapi fisik dapat dilakukan dengan berolahraga secar teratur. Olahraga dapat membantu mencegah terjadinya penyakit yang berkaitan dengan gaya hidup tidak sehat, salah satunya penyakit diabetes tipe 2 yang sebagian besar disebabkan gaya hidup.

Penderita kencing manis/ diabetes perlu melakukan olahraga, agar gula darah tidak meningkat dan bobot badan terkontrol. Selain itu, olahraga juga penting untuk meningkatkan efisiensi insulin, menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol jahat, dan membangun kekuatan otot. Sebelum melakukan terapi fisik dengan olahraga, penderita diabetes harus memeriksakan diri terlebih dahulu kepada dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan secara menyeluruh. Setelah mendapatkan izin dari dokter, pasien sudah dapat melakukan terapi fisik ini.

Kegiatan olahraga yang dapat dilakukan diantaranya berkari-lari atau berjalan ringan selama 30 menit dalam satu hari. Lakukan olahraga ini minimum 5 hari seminggu. Anda juga dapat melakukan senam khusus bagi penderita diabetes. Namun, jika anda merupakan penderita diabetes akut, ada tiga jenis olahraga yang dapat dilakukan. Biasanya dimulai dengan gerakan ringan untuk membangun keseimbangan, misalnya jalan kaki lurus searah baik maju maupun mundur, berjinjit, duduk dan bangun dari kursi berulang-ulang, atau berdiri dengan satu kaki dan tahan posisi tersebut selama 30 detik. Lakukan bergantian agar seimbang, antara kiri dan kanan.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan kencing manis/ Diabetesi Saat Berolahraga

1. Jika berolahraga, tubuh menjadi lemah, denyut jantung meningkat, dan berkeringat lebih banyak dari biasanya, maka segera berhenti. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakana jaringan dan sendi.

2. Mencatat kadar gula darah sebelum dan setelah olahraga.

3. Selalu membawa makanan ringan yang manis saat berolahraga, sehingga jika anda merasa kadar gula darah menurun, anda dapat memanfaatkan makanan ringan yang anda bawa.

4. Memakai sepatu yang nyaman untuk menghindari luka atau cedera.

5. Mengunsumsi air yang cukup sebelum berolahraga.

Selain melakukan kegiatan fisik, ada sebaiknya penderita diabetes melakukan manajamen stress dengan baik serta melakukan pemeriksaan secara teratur.

Upaya Pencegahan Komplikasi Kencing Manis yang Dapat Dilakukan

Penderita diabetes di Indonesia jumlahnya semakin meningkat. Diabetes tipe 1 memang hanya dapat diatasi dengan pemberian insulin. Jumlah penderita diabetes tipe 1 pun cukup jarang di Indonesia jika dibandingkan dengan diabetes tipe 2. Beberapa orang menganggap diabetes tipe 2 ini disebabkan oleh factor turunan, tetapi sebenarnya factor yang paling mempengaruhi adalah gaya hidup.

Saat ini, orang-orang semakin sibuk dengan pekerjaan yang mereka lakukan tanpa mengenai waktu dan membuat waktu makan menjadi terganggu atau tidak teratur. Selain itu, kemajuan teknologi mempermudah cara hidup, semuanya serba praktis, sehingga membuat orang menjadi tidak banyak bergerak. Hal inilah yang meningkatkan risiko diabetes pada seseorang.

Sebelum anda terserang gejala diabetes, sebaiknya anda melakukan tindakan pencegahan. Tindakan pencegahan ini bahkan berlaku bagi seseorang yang memiliki factor turunan dibetes. Melakukan beberapa perubahan dalama gaya hidup dapat membantu anda untuk mencegah datangnya diabetes. Berikut beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan.

1. Ketahui Riwayat Kesehatan Keluarga

Sebagian besar orang terserang diabetes karena adanya factor keturunan. Baik dari orang tua, kakek, nenek, atau buyut. Karena itu, tidak ada salhnya jika anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai riwayat kesehatan keluarga, apakah ada salah satu dari mereka yang terkena diabetes. Jika ada, sudah seharusnya anda melakukan segala tindakan pencegahan agar penyakit tersebut tidak berkembang lebih lanjut di dalam tubuh. Namun, jika anda ternyata tidak memiliki keturunan diabetes, bukan berarti anda aman. Sebab, diabetes juga dapat dipacu oleh gaya hidup seseorang yang tidak teratur. Tindakan pencegahan harus tetap dilakukan.

2. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Sebelum terlambat, segera lakukan pemeriksaan kesehatan pada dokter umum atau dokter pribadi anda. Terutama untuk orang-orang yang berusia 40 tahun ke atas, pemeriksaan kadar gula darah perlu dilakukan minimal setiap 3 tahun sekali. Namun, jika seseorang termasuk kelompok diabetes risiko tinggi, seseorang termasuk kelompok diabetes risiko tinggi, sebaiknya pemeriksaan dilakukan pada usia lebih dini. Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, bahwa penyakit diabetes dapat menyerang seseorang secara diam-diam. Gejalanya pun seringkali tidak disadari oleh penderita sampai penderita diabetes mencapai tahapan yang parah dan sulit untuk dikendalikan. Jika anda sudah mengetahui kondisi kesehatan tubuh sejak dini, khususnya kadar gula draah, maka tindakan pencegahan akan lebih mudah dilakukan.

3. Kurangi Konsumsi Gula

Konsumsi gula memang bukan satu-satunya factor penyebab diabetes. Namun, kandungan gula yang berlebihan di dalam tubuh merupkaan sumber bencana yang menyebabkan datangnya diabetes tipe 2. Dampak buruk yang dibawa oleh gula adalah terjadinya resistensi insulin yang menjadi factor utama penyebab diabetes tipe 2. Karena itu, untuk menghindari resistensi insulin dalam tubuh diperlukan suatu tekad untuk mengurangi konsumsi gula dan tepung dengan cara mengkonsumsi herbal pare 15 menit sebelum makan yang sudah dikemas  dalam 1 botol dengan nama produk Tasly Bitter Melon Powder. Adapun cara kerja produk Pare ekstrak dalam kemasan ini adalah untuk membantu  mengaktifkan kembali kinerja hormon insulin dan mebantu mengaktifkan reseptor insuin dalam dinding sel sehingga kadar gula daral darah yan gmeningkat setelah makan akan masuk kedalam sel untuk digunakan  sebagai bahan bakar metabolisme .

obat kencing manis bitter melon
ekstrak pare dalam produk Tasly Bitter melon ampuh atasi kelebihan gula darah pada penderita kencing manis

Harga Produk Tasly Bitter melon ini sangat terjangkai dibandrol sekitar Rp. 280.000,- saja Anda suah mendapatkan 30 kapsul yang digunakan untuk 2 minggu sebagai terapi mengobati kencing manis secara alami dengan buah pare . sehingga dalam 1 bulan diperlukan 2 botol untuk memperoleh hasil maksimal kami Anjurkan Anda untuk meminum produk ini selama 6 bulan .

Untuk mendapatkan Produk Tasly Bitter Melon Asli bisa Anda Dapatkan disini >:

baca artikel kami selengkapnya : Tasly Bitter Melon solusi Aman Atasi Kelebihan Gula darah Pada Penderita Kencing Manis secara Alami

3. Lebih Banyak Melakukan Aktivitas Fisik

Latihan olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh anda terhdap insulin, sehingga kadar gula dalam tubuh berada dalam kisaran normal. Dengan berolahraga, tubuh lebih efisien dalam menggunakan insulin sampai 70 jam setelah berolahraga. Jadi, jika seseorang berolahraga 3-4 kali seminggu akan membawa dampak yang sangat baik bagi metabolism tubuh. Selain itu, olahraga dapat mengontrol bobot badan dan meningkatkan aliran darah. Jenis olahraga yang dilakukan dapat berupa aerobic, fitness. Jogging, atau dnegan aberjalan rutin pada jarak tertentu.

4. Perbanyak Mengonsumsi Serat

Tidak hanya mengurangi risiko diabetes, makanan berserat juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga bobot badan idela dengan membantu anda merasa kenyang. Makanan yang mengandung serat di antaranya buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan umbi-umbian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biovlavonoid, zat warna dalam buah-buahan dan tanaman akan merangsang produksi insulin dalam tubuh. Selain itu, anda juga dapat mengonsumsi dedk padi atau bekatul yang memiliki serat tinggi untuk mengendalikan diabetes.

5. Turunkan Bobot Badan

Program penurunan bobot badan sangat dilakukan bagi anda yang memiliki bobot badan di atas normal. Tidak sedikit orang yang menderita diabetes akibat dari kegemukan atau kelebihan bobot badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang kehilangan bobot badannya 5-10% dari bobot badan awal dan berolahraga secara tertaur, maka resiko terjadinya diabetes menurun hamper 60% dalam kurun waktu tiga tahun.
Program penurunan bobot badan ini dapat dilakukan dengan cara diet rendah karbohidrat, lemak dan gula, serta berolahraga secara teratur. Selain itu, anda juga perlu catatan tertulis mengenai diet harian anda. Hal ini penting agar pola makan, jumlah, damn jenis makanan yang dikonsumsi selama diet berjalan dapat terkontrol dengan baik.

6. Biasakan untuk Sarapan Pagi
Membiasakan diir untuk sarapan pagi setiap hari termasuk salah satu pola diet sehat. Tidak baik seseorang menahan lapar pada pagi hari. Karena pada saat anda bangun tidur, gula darah dalam tubuh berada pada level terendah. Pada kondiis itu, level insulin dalam tingkat tinggi dan tubuh perlu pasokan energy untuk keberlangsungan hidup sel. Itulah saat yang tepat bagi anda untuk mengisi kembali sumber energi bagi tubuh.
Menahan lapar pada pagi hari akan menyebabkan anda mengalami hipoglikemia dan menjadi stress serta menimbulkan kecanduan gula yang sulit dikendalikan. Kondisi yang parah dari kecanduan gula ini terjadi saat anda tidak dapat menahan diri untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak pada waktu makan siang. Menunda makan ketika sarapan, kemudian melipatgandakan jumlah porsi makan pada siang hari sangat tidak sesuai dengan pola diet sehat.

7. Berhenti Merokok
Zat nornikotin yang terkandung pada rokok merupakan salah satu zat yang mudah menguap dan dapat meningkatkan risiko diabetes. Orang yang merokok lebih dari 20 batang per hari dapat meningkatkan risiko diabetes tiga kali lipat, jika dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Kebiasaan merokok ini dapt menurunkan kemampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin. Selain itu, merokok juga memiliki andil yang besar terhadap penyakit jantung dan kanker paru-paru.

8. Hindari Konsumsi Lemak Hewani dan Trans
Jika anda tidak ingin terserang diabetes, sebisa mungkin anda harus menghindari konsumsi lemak hewani dan lemka trans. Bahan makanan yang termasuk lemak hewani di antaranya daging merah, daging olahan, suus dengan lemak tinggi, dan permen. Orang yang sering mengonsumsi lemak hewani berisiko terkena diabetes hamper dua kali lebih besar dari mereka yang menggunakan pola makan sehat.

Lemak trans merupakan lemak yang dibuat melalui proses kimia dengan menambahkan hydrogen ke dalam minyak sayur. Dengan kata lain, minyak cair diubah bentuknya menjadi lemak padat. Hasil dari proses tersebut merupakan sebuah prosuk yang murah dengan jangka penyimpanan yang lebih panjang. Lemak trans ini akan meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang akhirnya dapat menyumbat jantung. Beberapa sumber lemak trans sebagai berikut:
– Margarine
– Minyak jelantah
– Minyak sayur seperti: minyak kedelai, minyak jagung, minyak bunga matahari, minyak zaitun, dan minyak wijen.
– Makanan cepat saji: kentang dan makanan yang digoreng.
– Keripik kentang dan snack dengan kandungan garam tinggi.
– Donat, muffin, dan pancake
– Cake dan pie
Sebenarnya, lemak trans merupakan lemak terburuk dan tidak boleh dikonsumsi meskipun dalam jumlah yang sedikit. Lemak trans mengakibatkan adanya peradangan sehingga sel gagal dalam memproses gula. Kondisi sel yang meradang tersebut merupakan awal mula terjadinya resistensi insulin. Jika ingin terhindar dari diabetes, anda harus menghindari makanan yang mengandung lemak trans.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *